HUMAN-COMPUTER INTERACTION-8

Posted by KANG ROHELI on 08.51 with No comments
H. Ergonomic Aspects
Ergonomic adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja.
Beberapa aspek yang berhubungan dengan ergonomik yaitu:
1. Pengukuran dan antropometrik
2. Aspek Ergonomik dari stasiun kerja
3. Pencahayaan
4. Suhu dan kualitas udara
5. Gangguan suara
6. Kesehatan dan keamanan kerja
7. Kebiasaan dalam bekerja
Beberapa Aspek yang berhubungan dengan ergonomik, yaitu:
1. Pengukuran dan Antropometrik
~ Antropometrik: Bidang ilmu yang berhubungan dengan pengukuran tubuh manusia. Misal: Tinggi badan dan jangkauan tangan.
~ Tujuan dari mempelajari antropometrik adalah untuk memperoleh keseimbangan antara teori yang diperoleh dari sejumlah acuan dan suasana kerja yang sebenarnya sehingga kenyamanan kerja dapat di capai yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi kerja.

2. Aspek Ergonomik dari Stasiun Kerja
a. Pemasukan data
Pekerjaan berorientasi pada hardcopy, lebih banyak memerlukan pengetikan daripada melihat ke layar tampilan. Operator membutuhkan kursi yang baik dan dapat diatur, papan ketik yang dapat diatur, posisi dokumen yang tepat dan kualitas dokumen  sumber yang baik.
b. Akuisisi data dan Pengolahan kata
Pekerjaan yang lebih banyak melihat layar tampilan.
User sebaiknya disediakan sebuah layar tampilan dengan kualitas karakter yang baik, kontras karakter ke layar yang tinggi serta kendali kilau yang memadai.
c. Pekerjaan Interaktif
Pekerjaan yang variatif, user tidak diam ditempat tetapi bergerak dalam pekerjaannya.

3. Pencahayaan
~ Untuk menghindari adanya kilau yang ditimbulkan oleh layar monitor adalah dengan memasang filter anti kilau dan pengaturan pencahayaan.
~ Tujuan utama dari perancangan pencahayaan mengenai peletakan layar monitor antara lain:
a. Menghindarkan user dari cahaya terang langsung maupun pantulannnya yang mengenai layar monitor.
b. Menghindari adanya kecerahan pada bagian depan user yang berlebihan dibandingkan kecerahan layar monitor.
c. Memberikan keyakinan bahwa adanya pencahayaan yang cukup untuk pencahayaan yang tidak menggunakan layar monitor.
Cahaya dalam sebuah ruangan dapat berupa:
a. Cahaya Tak Langsung
b. Cahaya Langsung
Contoh letak layar monitor yang menyebabkan silau:
4. Suhu dan Kualitas Udara
~ Suhu dan kelembaban merupakan faktor yang sangat penting dalam kualitas udara.
~ Suhu udara yang panas dapat menimbulkan berkurangnya konsentrasi kerja.
~ Solusinya adalah dengan pemasangan pengontrol udara dalam ruangan.
~ Letak pengontrol udara harus diatur sedemikian rupa sehingga arah aliran udara yang dihasilkan tidak langsung mengenai user.
5. Gangguan Suara
~ Manusia sebenarnya sangat sensitif terhadap perubahan suara yang kecil sekalipun.
~ Manusia seringkali tidak sadar dengan adanya suatu suara yang tetap asalkan suara tersebut tidak berlebihan (kebiasaan)
~ Kepekaan masing-masing orang terhadap gangguan suara tidaklah sama.
~ Tetapi orang cenderung tidak menyukai adanya suara yang selalu mengalami perubahan keras dan tinggi rendah secara tidak beraturan.

6. Kesehatan dan Kenyamanan Kerja
~ Aspek keamanan dan kenyamanan kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan seseorang.
~ Rutinitas pekerjaan seseorang juga dapat menyebabkan penurunan kesehatan seseorang.
~ Sebagai contoh adalah pekerjaan seorang sekretaris yang mengharuskannya duduk lama untuk melakukan tugas pengetikan dan pengecekan dokumen, sehingga lambat laun ia akan mengalami kelelahan otot dan persendian.

7. Kebiasaan Dalam Bekerja
Agar seseorang selalu merasa nyaman dalam bekerja, sebaiknya membiasakan diri untuk selalu:
~ Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar.
~ Mengubah posisi duduk secara periodik untuk mencegah kelelahan otot.
~ Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendurkan ketegangan otot dan lakukan olahraga ringan beberapa kali sehari.
~ Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama tanpa diselingi istirahat beberapa saat.
~ Mengambil istirahat sejenak secara periodik.




PAGE [1]  [2]  [3]  [4]  [5]  [6]  [7]  [...]  [9]  [10]  [11]  [12]