HUMAN-COMPUTER INTERACTION-7

Posted by KANG ROHELI on 22.30 with No comments
G. Graphical User Interface (GUI)
Preface
~ Graphical User Interface adalah bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dengan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif.
~ Contoh dari grafik antarmuka antara manusia dengan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, dan lain-lain)

~ Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi berbasis grafis. 
~ Windows menyediakan suatu pustaka yang berisi kumpulan dari ratusan fungsi yang disebut Windows API (Application Programming Interface)
~ Pemrograman grafis pada sistem operasi Windows selalu menggunakan antarmuka yang disebut GDI (Graphics Device Interface)
~ Dalam pembahasan GUI akan digunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
~ Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mendukung GUI.
~ Desain Suatu Program Grafis ditentukan oleh komposisi gambar-gambar yang digunakan meliputi letak dari obyek gambar pada screen (Sistem Koordinat), Tata warna yang digunakan (Pewarnaan), Ukuran dan lain-lain.

Coordinate System
Sistem koordinat merupakan letak dari objek gambar di monitor.
Sebagian besar kegiatan pada pemrograman grafis bekerja dengan sistem koordinat, seperti berpindah tempat, perubahan ukuran dan sebagainya.
Hal-hal tersebut akan terlihat jika anda membuat program animasi.
Sistem Koordinat pada pemrograman windows terdiri dari:
a. Koordinat Fisik
~ Merupakan koordinat yang dipakai oleh peralatan fisik (Ex Layar Monitor)
~ Layar monitor mempunyai titik PUSAT koordinat fisik di kiri atas dengan sumbu 'x' positif berasal dari pusat menuju ke bawah.
~ Digunakan penulisan (x,y), di mana standard awal berada di (0,0) yaitu pada titik paling kiri atas obyek yang akan didefinisikan koordinatnya.
b. Koordinat Logika
~ Merupakan koordinat yang dipakai dalam program
~ Sistem akan memetakan sistem koordinat logika dalam program ke koordinat fisik

Color Setting (Coloring)
~ Pemakaian warna dalam pemrograman grafis bisa dikatakan sangat dominan.
~ Pemakaian kombinasi warna yang serasi akan membuat tampilan objek lebih menarik
~ Visual basic 6.0 menyediakan fungsi RGB (Red Green Blue)
~ Pada dasarnya seluruh warna yang ada bermula dari merah, hijau dan biru.
~ Semua warna bisa dihasilkan dari campuran ketiga warna primer tersebut.
~ Setiap warna primer dinyatakan dalam bilangan bulat antara 0 sampai dengan 255
~ Jika nilai yang diberikan lebih dari 255 maka nilai tersebut akan dianggap nilai 255
~ Model warna pada windows bisa menangani jumlah warna maksimal ---> 256 x 256 x 256 = 16777126/16,8 juta warna

Tabel warna standard yang diambil dari warna primer

Contoh Program Visual Basic 6.0 Untuk Pewarnaan

 







Cara menjalankan program: Copy listing di atas dan pastekan di visual basic 6.0.

Making Lines
~ Membuat garis dapat dilakukan dengan mengklik icon 'Line' pada toolbox.
~ Pilih jenis garis yang diinginkan:
0-Transparant: bentuk garis tidak ditampilkan
1-Solid: bentuk garis utuh
2-Dash: bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis.
3-Dot: bentuk garis terputus-putus dalam bentuk titik
4-Dash-Dot: bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis dan titik
5-Dash-Dot-Dot: bentuk garis terputus-putus dalam bentuk garis dan dua titik
6-Inside-Solid: bentuk garis sama dengan bentuk solid


Making Boxes, Ovals, and Circles
Klik 'Icon Shape' kemudian pilih bentuk pada properti shape
Making Graphics
Langkah-Langkah dalam pembuatan grafik:
~ Aktifkan komponen grafik dengan cara buka menu Project dan klik Components
~ Pada kotak dialog Components klik tab Controls
~ Berikan checklist pada Microsoft Chart Control
~ Muncul icon MSChart

Making Circles
Making Circles ini digunakan untuk membuat lingkaran, ellips atau garis lengkung. Bentuk penulisan dari metode circle adalah, sebagai berikut:

Object Circle [step](x,y), Radius, 
[Color,start,end,aspect]

 Langkah pembuatan circle:
~ Buat sebuah form
~ Ketik listing di bawah ini













PAGE [1]  [2]  [3]  [4]  [5]  [6]  [...]  [8]  [9]  [10]  [11]  [12]