HUMAN-COMPUTER INTERACTION-4
Posted by KANG ROHELI on 23.25 with No comments
D. Interface Design Principles
Prinsif-Prinsif Disain Antarmuka:
~ Merefleksikan Model Mental User
Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum.
~ Explicit and Implied Action
a. Explicit Actions
Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu objek.
b. Implied Actions
Kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi objek.
~ Direct Manipulation
User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.
~ User Control
Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.
~ Feedback dan Communication
Selalu memberitahu user apa yang terjadi dari suatu aksi.
~ Consistency
User dapat mentransfer pengetahuan dan suatu kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi yang lain.
~ WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
~ Aesthetic Integrity
Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.
MENGEMBANGKAN SOFTWARE YANG BAIK
~ High Performance
~ Mudah digunakan
~ Penampilan yang baik
~ Reliability
~ Mampu beradaptasi
~ Interoperability
~ Mobility
Mengambil Keputusan dalam Disain
~ Aplikasi semakin membersar dan menjadi semakin lambat.
~ User interface pada aplikasi semakin kompleks.
~ Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan fitur baru menjadi menjadi lebih lama.
~ Dokumen aplikasi dan dokumen help menjadi lebih melebar
~ Resiko adanya efek pada fitur yang sudah ada.
~ Meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memvalidasi aplikasi
Mendesain Layout
Model Aplikasi
Ada tiga modelaplikasi:
1). Berbasis dokumen
2). Berbasis non dokumen
3). Utilitas
1). Layout Berbasis Dokumen
Ada beberapa contoh desain layout berbasis dokumen, diantaranya seperti:
Microsoft Word 2003
Macromedia Flash MX 2004
~ WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
~ Aesthetic Integrity
Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.
MENGEMBANGKAN SOFTWARE YANG BAIK
~ High Performance
~ Mudah digunakan
~ Penampilan yang baik
~ Reliability
~ Mampu beradaptasi
~ Interoperability
~ Mobility
Mengambil Keputusan dalam Disain
~ Aplikasi semakin membersar dan menjadi semakin lambat.
~ User interface pada aplikasi semakin kompleks.
~ Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan fitur baru menjadi menjadi lebih lama.
~ Dokumen aplikasi dan dokumen help menjadi lebih melebar
~ Resiko adanya efek pada fitur yang sudah ada.
~ Meningkatkan waktu yang diperlukan untuk memvalidasi aplikasi
Mendesain Layout
Model Aplikasi
Ada tiga modelaplikasi:
1). Berbasis dokumen
2). Berbasis non dokumen
3). Utilitas
1). Layout Berbasis Dokumen
Ada beberapa contoh desain layout berbasis dokumen, diantaranya seperti:
Microsoft Word 2003
2). Layout Berbasis Non Dokumen
Ada beberapa contoh desain layout berbasis non dokumen, diantaranya seperti:
Microsoft Outlook 2003
My SQL
M.Y.O.B
3). Layout Utilitas
Ada kecenderungan aplikasi seperti ini menekankan pula pada style di samping fitur aplikasi. Diantara contohnya adalah seperti berikut:
Power DVD XP
Kaspersky Anti Virus
Control Center Pada Linux
0 comments:
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.