HUMAN-COMPUTER INTERACTION-2
Posted by KANG ROHELI on 14.02 with No comments
B. Human Factor
Computer System has three aspects, they are:
1. Hardware Aspect
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh: CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk Drive, dan lain-lain.
2. Software Aspect
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware).
Contoh: Sistem Software, Application Software, Package Software.
3. Brainware
Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian system unit komputer di dalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh: Sistem Analis, Programmer, Operator, Technical Support.
Faktor Manusia (Brainware) dalam Merancang Antarmuka, adalah:
1. Penglihatan
a. Luminas
Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek.
b. Kontras
Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek.
c. Kecerahan
Tanggapan subjektif dari cahaya.
d. Sudut dan Ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.
e. Medan Penglihatan
Sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata.
f. Warna
Keselarasan penggunaan warna.
2. Pendengaran
~ Kebanyakan manusia mendeteksi suara pada frequensi 20 Hertz - 20 KHertz
~ Manusia juga mendengar suara antara 50 dB (decible)-70 dB. Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB. Manusia tidak dapat mendengar frequensi kurang dari 20 dB.
3. Sentuhan
~ Sentuhan merupakan sarana manusia untuk berinteraksi.
~ Sebagai contoh dalam penggunaan papan ketik (keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman manakala tombol atau keyboard tidak berat proses penekanannya.
4. Pemodelan Sistem Pengolahan
~ Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.
~ Model sistem komputer terdiri dari pengolah (processor) dan memori. interaksi keduanya melalui Bus.
5. Pengendalian Motorik
Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit.
Faktor Manusia (Brainware) dalam Merancang Antarmuka, adalah:
1. Penglihatan
a. Luminas
Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek.
b. Kontras
Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek.
c. Kecerahan
Tanggapan subjektif dari cahaya.
d. Sudut dan Ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.
e. Medan Penglihatan
Sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata.
f. Warna
Keselarasan penggunaan warna.
2. Pendengaran
~ Kebanyakan manusia mendeteksi suara pada frequensi 20 Hertz - 20 KHertz
~ Manusia juga mendengar suara antara 50 dB (decible)-70 dB. Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB. Manusia tidak dapat mendengar frequensi kurang dari 20 dB.
3. Sentuhan
~ Sentuhan merupakan sarana manusia untuk berinteraksi.
~ Sebagai contoh dalam penggunaan papan ketik (keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman manakala tombol atau keyboard tidak berat proses penekanannya.
4. Pemodelan Sistem Pengolahan
~ Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.
~ Model sistem komputer terdiri dari pengolah (processor) dan memori. interaksi keduanya melalui Bus.
5. Pengendalian Motorik
Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit.
0 comments:
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.