BASIC COMPUTER-2
Posted by KANG ROHELI on 06.45 with No comments
Sebuah komputer secara umum memiliki 4 komponen utama, yaitu: the Arithmatic Logic Unit (ALU), the Control Unit, the Memory, dan the Input and Output devices (dinamakan juga I/O). Bagian-bagian ini saling terhubung oleh busses (Sebuah sistem komputer termasuk antarmuka bus dengan kemajemukan data buffer), seringnya terbuat dari kumpulan kabel.
The Arithmetic Logic Unit (ALU)
ALU mampu membentuk dua kelompok operasi, yaitu: Arithmetic dan Logic.
The Control Unit
The Control Unit (sering juga disebut sebuah sistem pengendali atau pengendali pusat) mengatur beberapa komponen komputer; dimana tugasnya adalah membaca dan menafsirkan (decode) perintah-perintah program, mentransformasikannya menjadi serangkaian sinyal pengendalian yang mengaktifkan bagian-bagian komputer lain.
The Memory
Sebuah memori komputer dapat dilihat sebagai daftar sel di mana angka-angkanya menjadi dapat ditempatkan atau dibaca. Memori utama komputer muncul dalam dua varietas utama: Random-Access Memory atau RAM dan Read-Only Memory atau ROM. RAM dapat dibaca dan ditulis ke kapanpun CPU memerintahnya, namun ROM hanya mampu dimuat kembali (pre-loaded) bersama data maupun perangkat lunak (software) yang tidak pernah berubah, oleh karena itu, CPU hanya mampu membacanya.
The Input and Output devices (I/O)
The Input and Output devices (I/O) adalah sarana di mana sebuah komputer bertukar informasi dengan dunia luar. Perangkat yang menyediakan input atau output ke komputer disebut peripheral. Pada komputer pribadi yang khusus, peripheral meliputi perangkat input seperti keyboard dan mouse, dan perangkat output seperti display dan printer. Hard disk drive, floppy disk drive dan optic disk drive berfungsi baik sebagai perangkat input maupun output.
Komponen-Komponen Perangkat Keras (Hardware)
Input Devices
Input Device adalah setiap periferal (bagian dari peralatan keras komputer) yang digunakan untuk menyediakan data dan sinyal pengendali terhadap sistem pengolahan informasi seperti sebuah komputer atau alat informasi lainnya. Contoh dari perangkat input meliputi keyboard, mouse, scanner, kamera digital dan joystick.
Output Devices
Output Device adalah setiap bagian dari peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh sistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang mengubah informasi yang dihasilkan secara elektronik ke dalam sebuah bentuk yang dapat dibaca-manusia.
Komponen-Komponen Perangkat Keras (Hardware)
Input Devices
Input Device adalah setiap periferal (bagian dari peralatan keras komputer) yang digunakan untuk menyediakan data dan sinyal pengendali terhadap sistem pengolahan informasi seperti sebuah komputer atau alat informasi lainnya. Contoh dari perangkat input meliputi keyboard, mouse, scanner, kamera digital dan joystick.
Output Devices
Output Device adalah setiap bagian dari peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh sistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang mengubah informasi yang dihasilkan secara elektronik ke dalam sebuah bentuk yang dapat dibaca-manusia.
Input Devices
Mouse adalah sebuah alat penunjuk yang berfungsi mendeteksi gerakan dua dimensi yang relatif terhadap permukaan pendukungnya. Secara fisik, Mouse terdiri dari sebuah objek yang dilakukan di bawah salah sartu tangan pengguna, dengan satu tombol atau lebih.
Keyboard masih merupakan cara yang paling umum memasukan informasi ke dalam komputer.
c. Tracker Balls
Tracker Balls merupakan sebuh alternatif untuk mouse tradisional dan sering digunakan oleh para desainer grafis.
d. Scanners
Sebuah Scanner memungkinkan kita untuk memindai bahan cetak dan mengubahnya menjadi format file yang mungkin digunakan dalam PC.
e. Touch Pads
Touch Pad adalah sebuah perangkat yang diletakan di atas komputer tabung (desktop computer) dan merespon tekanan.
f. Light Pens
Light Pen adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memungkinkan para penggunanya menunjuk ke sebuah layar.
Joystick adalah sebuah perangkat yang digunakan dalam bermain games.
Output Devices
a. Monitor/LCD
Sebuah layar komputer digunakan untuk mengeluarkan informasi dalam format yang bisa difahami.
b. Printer
Ada berbagai jenis printer. Dalam sebuah organisasi yang besar Printer Laser adalah yang paling sering digunakan karena pada kenyataanya printer tersebut mampu mencetak dengan sangat cepat dan memberikan sebuah hasil dengan kualitas yang sangat tinggi.
c. Plotters
Plotter adalah sebuah output device yang fungsinya sama dengan printer, namun biasanya memungkinkan kita untuk mencetak gambar yang lebih besar.
d. Speakers
Speaker adalah sebuah perangkat output yang digunakan untuk mengeraskan suara.
e. Speech Synthesizers
Speech Synthesizer adalah sebuah perangkat output memberikan kita kemampuan tidak hanya untuk menampilkan teks pada monitor, tetapi juga untuk membaca teks pada kita.
Perangkat Penyimpanan dan Bagaimana Menyimpan Data dan Program-Program
Hardisk Drive Internal merupakan sebuah drive yang berkapasitas lebih tinggi, yang juga mampu menyimpan Sistem Operasi (OS) yang berjalan ketika kita menyalakan sebuah komputer.
Flash Disk Drive memungkinkan kita untuk menyimpan dan mengambil data yang kapasitasnya kecil.
Hard Disk
Kecepatan: Sangat cepat.
Kecepatan Hard Disk sering dinyatakan sebagai kecepatan 'waktu akses rata-rata', diukur dalam milidetik. Lebih kecil angka yang dihitungnya, maka lebih cepat pula disk-nya.
Kapasitas: Besar sekali.
Seringnya terdapat 1000 hingga 5000 gigabyte. Dalam satu gigabyte dihitung atau sama dengan 1024 megabyte.
Harga: Cepat jatuhnya.
Harga hardisk cepat sekali turunnya dan biasanya merupakan cara yang paling murah dalam menyimpan data.
D. Bagian-Bagian Utama Komputer
Memory yaitu bagaimana processor menyimpan dan menggunakan data dengan segera dinamakan RAM (Random Access Memory)
Kerja utama memori ini adalah digunakan dalam proses komputer. Ketika Sistem Operasi (OS) sedang memuat atau menyala dari Disk saat pertama kali kita menyalakan komputer, muatan atau proses tersebut disalin ke RAM.
Sederhananya, sebuah komputer yang berbasis Microsoft Windows (Operasi Sistemnya Microsoft Windows), akan beroperasi lebih cepat jika kita menginstal lebih banyak RAM. Data dan program yang tersimpan di RAM berubah cepat (yaitu informasi hilang saat kita mematikan komputer).
E. Bagaimana Sebuh Memory Komputer Diukur
a. Bit
Semua komputer bekerja pada sistem penomoran biner, yaitu komputer memproses data pada satu atau nol. Tingkat penyimpanan 1 atau 0 ini disebut 'Bit'.
b. Byte
Satu Byte terdiri dari delapan Bit.
c. Kilobyte
Satu Kilobyte (KB) terdiri dari 1024 Byte.
d. Megabyte
Satu Megabyte (MB) terdiri dari 1024 Kilobyte.
e. Gigabyte
Satu Gigabyte (GB) terdiri dari 1024 megabyte.
F. Microprocessors--Otaknya Komputer
~ PC utamanya menggunakan Mikroprosessor (kadang-kadang disebut Chip). Versi intel yang sudah lebih dulu (tua) termasuk 386, 486 dan sekarang garis Pentium.
~ CPU (Central Processing Unit) biasanya Intel Pentium (atau setara) dan merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dalam komputer.
~ Microprocessor menentukan seberapa cepat komputer Kita akan berjalan dan diukur dengan kecepatan MHz-nya.
~ Sehingga CPU yang memiliki 3200 MHz Pentium jauh lebih cepat daripada CPU yang memiliki 4200 MHz Pentium.
~ Microprocessor adalah CPU yang melakukan semua perhitungan dalam komputer.
0 comments:
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.